Thursday, July 4, 2013

salah kaprah

wah.. udah lama bngt gw ga nge-blog.
critanya gw baru pulang gt nihh dari pilgrimage dan jalan2 ke holy land (israel) + turkey.. hehe..
untuk cerita lebih lanjut.nya ttng liburan gw..
stay tune yahh readers.. hehe..
gw akan kupas tuntas secara lugas di blog gw ini.. hehe..
*mudah2an berhasil bikin travel blog yg asik buat di baca* haha..

anyway.
gw baru buka FB tadi sore.
terus pas lg liat2 homepage..
kak icha *penulis novel cintapuccino* punya 1 pertanyaan yg menurut gw cukup menarik untuk di bahas.

gw mau bales benernya di comment status.nya..

tapi stelah di pikir2.. kyk.nya bagus juga buat isi blog gw yg sudah lama ga di sentuh ini. hahaha..

so, pertanyaannya adalah:

Teman-teman, adakah yang ketika berkenalan atau ngobrol dengan orang asing saat tahu kalian dari Indonesia mereka menyebutkan ‎#salahKaprah tentang Indonesia semisal Indonesia itu Bali doang? Share dong. Kali punya cerita, dit-ag atau ga, kalau punya, please do share yah... Thanks. xoxo

jawaban gw adalah:

pernah bngt kakk.. gw penah ngobrol dngn 2-3 bule (US) yg ga tau Indo dimana, tapi pernah ke Bali.
agak sedih sih dnger.nya.. karena mrk pikir itu Bali adalah suatu negara/kota yg terpisah dr Indonesia.
ga paham orng2 itu geography.nya kurang pandai apa terlalu 'angkuh' ga mau tau ttng negara2 lainnya di luar negara mrk sendiri. *oupsss. hoho..
gw rasa crita yg kyk gini pasti bnyk bngt di encounter para penduduk indonesia yg lainnya..
*seperti yg tertera di komen2 status.nya kakak* haha..

terus gw ada crita lagi nihh..

jadi dulu pas jaman2 kuliah, gw sempet part time gt di salah satu toko batik ternama indonesia yg buka butik juga di singapore.
kita para sales girl di tuntut untuk beramah tamah terhadap semua customer kita.
kyk selalu ajak ngobrol. membantu apapun sebisa kita walaupun itu sudah bukan urusan jual-beli batik lagi. haha.. *misal.nya: dngnrin customer curhat ttng kluarga dia ataupun nunjukin gimana cara.nya ke orchard rd dari tempat kita.. haha.. *

terus di suatu hari.. ada 3 orang Iranian dateng ke butik kita ini.
kebetulan bngt cuman gw seorang diri yg jaga saat itu.
lalu. terjadilah perbincangan yg mnurut gw cukup menarik.

the Iranian lady : so, everything here from Indonesia ?
me : yes mam, everything here are handmade/ handwoven / hand-stamp from Indonesia.
...
...
...
the Iranian lady : so, are you Indonesian as well?
me : yes, i am. how about you ?
the Iranian lady : ohh.. we are from Iran.
another Iranian lady : but why are you wearing cross on your necklace?
me : ohh.. i'm Christian.
another Iranian lady : well. that's shocking. i thought Indonesia is a Muslim country.
*and i can see that the other 2 are in shock as well*
me : yes. Muslim is the majority. but Indonesia also recognizes another religion, like Christian, Catholic, Buddhist and Hindu.
the Iranian lady : ohh. how many percent are other religion?
me : hmppp.. about 30% i guest..
them : ohhh.. *i can see their face are still in disbelief*
...
...


yahh.. begitu deh kak ichaa kira2 crita #salahkaprah saya.. hehe..








2 comments:

Pypy said...

Nah ini dia yg gw bingung sama bule2 diluar sana yg gak tau Indonesia dimana. Geografinya gimn yah? Soalnya kita beda bgt sama Eropa misalnya yg negaranya tumplek2an gitu klo diglobe. Sedangkan Indonesia keliatan bgt ada 5 pulau gede, masa iya sih yah mereka gak pernah penasaran :p Ya gak?

Jenita Darmento said...

hahaha.. mungkin mrk pikir 5 pulau gede itu tuh beda2 negara.. bukan indonesia aja py. ahahha.. gw juga ga paham sihh knp mrk bisa ga tau.. haha.. tapi ga menutup kemungkinan kita juga bisa meng-salah kaprahkan negara lain juga kali ya py.. haha..