Sunday, March 23, 2014

Berbahaya-kah kamu?

*ini cerita tahun lalu waktu gw lagi berkunjung ke Israel*

ketika tiba di airport Israel, hati gw cukup berdegub kencang..
kenapa?
karena petualangan iman gw akan segera di mulai.
yah seperti yg kalian tau, biasa umat kristiani itu biasanya pergi ke Israel untuk ziarah, ketika umay Muslim pergi ke Meccah.

waktu kita sedang jalan melewati lorong super panjang dari tempat boarding sampai imigrasi,
kami bisa melihat hall arrival di bawah kami..
dan itu gw bisa bilang kalo airport Israel itu bagus! suasanya enak bngt gt kalo buat nongkrong2..
jadi mrk ada kyk hall bulat gt.. dan isinya yah stall2 kecil gt di sekeliling.nya..
jadi setelah kamu beli makanan disana, kamu boleh duduk dimana aja yg ada tempat duduk.nya.

toilet.nya airport israel sih standard..
tapi semua barang2.nya kalau kata Raimond sih buatan amerika semuaa.. haha
*maaf, gw ga gt memperhatikan brand2 di toilet.nya.. haha*

ketika kita sampe di imigrasi,
kita inget kata ibu2 tarvel agent..
'Nanti kalau udah sampe di imigrasi, bilang petugas.nya yahh kalo jangan cap apa2 di passport, cap.nya di visa kertas aja'

yasudah deh.. akhirnya kita bilang satu per satu ke petugas.nya bahwa jngn di cap di passport dsb.

pas giliran gw, petugasnya bilang.. 'Ya, I know.. we dont chop on the passport anymore'

sebenernya gw kurang paham sih knp dia bilang ga cap di passport kita lagi.
yah mungkin karena udah tau kali yahh kalo Indonesian itu ga boleh di chop passport.nya kalo ke Israel..
pada bilang sih jadi kita ga bs masuk indo lagi kalo passport kita di chop.
jadi harus bikin seribu alasan gt untuk buat passport baru.

gw sampe bingung dehh.. se-berbahaya itu kah orng2 indo di mata mrk?

yahh.. selepas keluar dari imigrasi dan ambil koper.
arrival hall mrk cukup besar..
punya high ceiling.. terus jarak dari pintu arrival dan penjemput cukup jauh jarak.nyaa..
ga kyk di singapore gt yg mungkin cuman 2-3 langkah dari pintu arrival. hehe..

private tour kita pun di mulai.
dan berakir sangat cepatnya.. kalo belum pada baca cerita Israel aku..
kalian boleh click di kolom jalan2 di atas.. hehehe..
yahh.. namanya jalan2 selalu ga berasa yahh..
apalagi kalo perginya bareng teman2 tercintaa..

pas kita mau pulang..
kita di anterin ke air-port sama tour guide kita.
dia udah bilang, do not leave your luggage unattended.. kalo di tinggal 5 menit aja.. bisa langsung di ambil sama petugas disana..

ehh, bener aja lohh..
cerita pas kita masuk. ada 1 koper yg emang unattended. ga tau juga yg punya kemana.
terus ga lama kemudian, security datengin koper.nya..
terus doi celingak-celinguk kanan kiri..
sempet nanya kita juga apakah itu punya kita.. *since kita berdiri lumayan dekat dngn si koper*
stelah itu.. lngsung deh di boyong sama si mas security.

pas kita masuk untuk check in..
kita di datengin sama mba2 security disana..
di tanya bnyk pertanyaan sbelum kita scan koper kita..

- how long u have been in Israel?
- did you go out to Jordan?
- did you met any Israel man?
- anyone gave you a gift?

dll.. dll..

pertama kali.nya gw di tanyain segitu banyaknya pertanyaan..
yg paling aneh.. knp juga gw di tanyain ktmu sama cowo israel apa nggak? hahaha..
takut kepincut sama cowo2 sana kali yah? hahaha
*tapi jujur cowo sana ganteng2 sii.. apalagi yg jagain perbatasan israel - palestina. beuhhh.. pengen gw ajak voto.. tapi takut + ribet.. soalnyaa dia ngecek.nya cuman buka pintu mobil kita aja.. haha*

stelah kita lewatin se-gambreng pertanyaan..
waktu.nya untuk scan koper..

pas lg antri untuk scan koper..

ada cowo china di dpn gw ambil photo disana..
yah mungkin buat kenang2an kali yahh
ehh.. lngsung di datengin sama security.. di suruh hapus picture.nyaa
terus dia di suruh scroll gallery.nya ke kiri dan ke kanan..
kyknya buat pastiin udah ga ada voto2 airport gt.

nahh.. pas giliran koper kita di scan..
kluar.nya kyk ter-lempar gt donk dr mesinnya..
ga jelas knp dia buat mesin aneh kyk gt..
sampe shock gt kita liatnya.. haha..

ternyata koper kita di tandain stelah scann..
nahh tanda itu tuhh buat pemeriksaan makin lama.
jadi kita harus buka koper kita..
dan jelasin satu2 ke petugasnya.. apa aja yg ada di dlm koper elo..
since gw bnyk kantong2 kecil buat make up, buat underwear, buat baju kotor dll.. dia tetep mau di buka donkkk.. ~.~`
gawat bngt dehh..
untung yg periksain gw gantenggg. *loh? ahahha..
sampe bantal yg buat bobo di pesawat aja tuh di pencet2 lama sama dia..

gw sampe bilang " you can take that if you want "

and you know whattt..
sehabis periksa koper..
gw di boyong lagi ke kamar pemeriksaan untuk di periksa lagi..

jadi mrk akan suruh lu buka sepatu..
buka baju dll..

gila yahh..

apakah kita seberbahaya itu??

aneh.nyaa.. Gill & Raimond ga di periksa sama sekali..
mungkin karena mrk udah married
dan gw, bombie dan amel masih single?
sampe skrng kita juga ga tau alesannya knp.

stelah periksa badan.. kita pun di 'body-guard' in sama petugas untuk ke imigrasi..

gahhhhhhhhh.. gila2an dehh..

sesampai.nya di imigrasi..

gw di sapa lembut sama mas2 ganteng yg men-chop visa gw..
'halooo.. indonesian? salam for Susilo Bambang'

lahh.. kok yg ini ga kepo sama sekali?

untung di airport Israel ada wi-fi gratis.. jd langsung kontek2 yg lain untuk cari makan..
kita di periksa selama hampir 1 jam yg membuat kita kelaparannn.. haha..

**note : gw dan temen2 gw travel dngn private tour local.. seharusnya kalau kalian pergi dngn tour2 dari indonesia, pemeriksaan spt ini kyknya ga akan terjadi..**

5 comments:

Evita Wijaya said...

Segitu ketatnya yah pemeriksaan di israel? walau kita gak bawa apa2 dan bener2 murni mau bepergian,, tetep aja shock yah kalo ngelewatin serangkaian pemeriksaan kaya gitu. kebayang deh deg2annya.. :D

Eniho, baru tau kalo pasport kita gak boleh dicap? pas balik ke indo, kita jadi gak boleh masuk gitu? *sorry banyak nanya* hehehe

Jenita Darmento said...

iya pii.. kyknya mrk takut-an gt deh sama foreigner. soalnya kan sejarah mrk dari dulu di gencet sana sini.. hoho..
iya py.. soalnya kita ga ada hubungan diplomatik..
terus pada bilang yah klo di chop sama israel, ga bisa ke negara2 muslim.. jadi yah begitu dehh..

sista said...

Wah rempong juga ya baru tau haha jadi cowok di sono cakep2 ya jend? Hahahhaa.. bingung jg dgn pertanyaan ktm cowok Israel hehhee..

AiPy said...

Ehh temen kampus gw katanya diperiksa kayak gitu juga kok waktu ke Israel. Padahal dia ikut tour bareng family nya pulak.. ckckc.. EHtapi kalo ganteng sih gpp deh yahh :D

Jenita said...

@sista
iya cii.. super rempong dehhh..
ga ngerti juga kenapa..
takut kepincut trus ga mau pulang kali. hahaha..

@aipy..
iya pyy.. setelah di observasi. mungkin bnyk orng yg kena.. apalagi yg single2. ahahha..