Wednesday, April 9, 2014

Merah-Putih ku

kalian yg berwarga negara Indonesia, harusnya tau lah yahh kalo kita lagi heboh banget sama yg namanya PEMILU 2014.. hehe..

gw ini orang.nya lumayan nasionalist, walopun belom mau balik indo untuk saat ini.

i was very excited pas tau pemilu is coming.
i even volunteered buat pemilu legislatif yang ada di singapore.

gw pengen cerita pengalaman gw volunteer untuk pertama kali.nya di indonesian embassy..

dari 5 tahun yg lalu gw pengen bngt volunteer untuk pemilihan president..tapi apa daya, dulu ga ngerti gmn cara apply jadi volunteer dan ga ada koneksi di embassy.
tahun ini pas di kirimin email untuk update particular, gw iseng aja reply buat nanya di buka volunteer apa nggak?

ternyata mrk bilang volunteer di buka untuk umum, daftar ke email *ini* aja untuk apply.
akhirnya gw apply dan di panggil deh untuk briefing TPS dll.

eh, akhirnya gw di pindahin dari TPS ke careperson gara2 gw ga bisa hadir di hari penghitungan suara,
gw sih gpp. since emang niat.nya kan mau volunteer aja gt.

eh ternyata,, semua volunteer di bayar donkk. hahaha..
katanya pembayarannya semua sama. kecuali untuk ketua TPS agak lebih besar.. 

anyway.. seru bngt buat volunteer di embassy untuk pemilu caleg kali ini..
pertama lu bisa ktmu bnyk orng indo yg lainnya. haha.. 
yg lucu gw bisa ktmu si May *si cewek sanguine* pas lg briefing..

May : Jen, lu ikutan volunteer pemilu? 
Jend : Iya, May.. lohh.. kok lu tau?
M : iya, ini gw dngn nama Jenita barusan.. gw di kbri skrng.
J : lahh.. gw juga di KBRI.. lu dimana?
M : duduk paling blakang sama temen gw, gw dteng telat.
J : dimana May??
M : coba lu berdiri nanti gw dadah2..

yahh begitulah kurang lebih cerita kopdar kami. haha..



pas hari pemilu.nya sendiri, gw dan May dan Elisa ( temennya May ) jadi careperson..
tugas careperson basically cuman arahin orng jalannya ke TPS mereka, karena KBRI singapore itu gede, dan pas pemilu kmrn di bagi 2 zona, yaitu zona A & B.




lucu.nya orng indo tuh bbrp dari mrk suka males mikir..
walopun di tulis zona B segede gaban, ttep aja pada nanya zona B dimana.. ~.~`
tapi karena kita adalah careperson yg manis dan cantikk.. *loh?! 
jadi kita menunjukan arah dngn senyuman yg paling manis.. hehe..

careperson di bagi 3 group. 
group 1 di bagian sebelum registrasi,
group 2 stelah registrasi, dan group 3 untuk arahin ke TPS mana mrk harus coblos.

kebetulan kita di group 2.. yg menurut gw group yg paling oke..
walopun harus berdiri di luar dan ga ada AC.nya.. tapi kita dapet tempat lumayan teduhh..
karena kerjaannya gampang.. cuman arah2in orng aja.. haha..

kalo group 1 kayak.nya bisa pingsan gt deh.. 
soalnya tempat mrk langsung ke sorot sinar matahari dan ga ada tenda.nya..
sedangkan group ke3 harus non-stop liatin TPS mana yg kosong dan arahin mrk ke TPS tersebut. 

pemilu di singapore itu earlier than indo.
we had it on last Sunday (6th april).. dan penghitungan suara on 9th april, hari dimana indo baru mulai nyoblos.
dan banyak negara2 lainnya yg adain pemilu jauh sbelum indonesia.. sperti taiwan yg adain pemilu.nya tanggal 30 maret klo ga salahh..

singapore sih masih bnyk yah orng indo.nya.. jadi masih bnyk yg volunteer.
kata ketua pemilu luar negri.. negara2 lain yg jarang orng indo.nya malah ga ada volunteer.
jadi yg jagain TPS dll itu adalah orng2 local.nya sendiri.. 

orng indo yg berdomisili di singapore kira2 ada 120.000 orng..
yg pasti golput itu kurang lebih 1%.. soalnya semua surat undangan pemilu yg udah di kirimin sama KBRI bounced back ke mrk.
entah ganti alamat ga di update. atau udah pindah lagi ke negara lain.nya.
kurang lebih 7000 orang milih lewat post..
jadi mrk akan di kirimkan kartu DPR, coblos sendiri dirumah dan di send back ke KBRI dalam jangka waktu tertentu..
dan yg lainnya yah lngsung dtng aja ke KBRI buat coblos..

jadi careperson itu menarik juga..
karena bnyk ktmu orng..jadi bs sambil ngobrol2 juga pas ktmu orng mau ke TPS mrk..
bisa cuci mata kalo liat cowo2 ganteng.. hehehe..

volunteer di KBRI tuh di jaga bngt welfare.nya.. makan sehari 3x + 2x snack.
dan semuanya makanan indooo.. dan enak2.. *drolll*

anyway.. dari sekian banyaknya orng indo di singapore..
banyak buanget juga yg masih pada golput.. =(
bayangin dehh.. 1 TPS itu di perkirakan bakal ada 2800 pemilih.. (udah di potong yg pasti golput + milih lewat surat)
tapi at the end of the day.. ternyata per TPS cuman sekitar 400 orang doang yg dateng...
bayangkan..! 
kalo kmrn kita ada 36 TPS.. yg golput itu sekitar 86,000 orng..
kemana aja kamu manusia2 indo di singapore???

sedih juga pas tau hal ini..
soal.nya semua sisa kertas suara yg ga terpakai harus d buang bgitu aja.. karena dnger2 ga boleh di re-cycle..
gw aja di kantor sering bngt re-cycle paper.. soalnya sayang kalo di buangg..
nah ini.. 86,000 kertas di buang begitu saja..
duhhh.. sebel bngt rasanya..
kyk.nya lain kali harus di buat lebih irit.. on the spot baru print ato gimana gt.. biar ga buang2 kertas.. 

kmrn tuh gw ktmu sama salah satu caleg dari PAN..
agak kaget karena doi ganteng juga kalo dari deket.. sama tiba2 dia nanya gw apakah dia boleh lewat jalur khusus yg gw jaga.. 
langsung aja gw bilang, 'ehhmm.. bolehh..' *gubrakk*
harusnya gw nanya dl boleh apa nggak sama ketua pemilu.nya.. suka gawat nih emang gw kalo panik.. huahua 
*jadi ceritanya gw jaga 1 jalur khusus buat yg disable gt, biar ga usah antri ke TPS.nya*

doi emang berdomisili di singapore.
sampe heboh deh KBRI.. kata.nya doi punya target yg cukup besar dari singapore..
liat aja dehh nanti apakah doi bisa dpt kursi apa nggak nanti.nya..

trus gw juga ktmu 3 cewek2 cantik..
jadi mrk tuh sbenernya ga ngerti donkk ini lg pemilihan apa..
cape dehhhh..

Them : sorry numpang nanya, ini pemilihan apa yah?
gw : legislative.. kalian udah punya surat registrasi? *tiap surat undangan ada barcode.nya. jadi di registrasi bakal tinggal di scan dan nanti kluar surat kecil gt*

Them : nggak ada.. 
gw : loh? kalian ada surat ato passport?
Them : cuman 1 yg bawa passport. jadi perlu milih ga yah?
gw : kalo udah bawa passport, mendingan milih dehh.. kan sayang udah dsini
Them : kalo ga milih ini, bisa pilih president ga?
gw : bisa sihh..
them : yaudah deh.. pulang aja.. nanti balik lagi pas pilpres..
gw : *bengong*

yaellahh nengg... agak speechless gw.. huahaua..

kyknya orng2 pada mikir pilpres itu lebih penting dari pilih caleg.
dan mnurut gw ini sama penting.nya coyyy
soalnya kan bnyk program2 yg DPR buat.. dan setau gw, program2 itu ada yg perlu di tanda tanganin dl sama president, dan ada yg ga perlu..

nahh.. dsini lahh korupsi itu bnyk terjadi.. kyk dana2 sperti RAPBN ( Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) itu hanya di setujui DPR ato DPRD aja.. president ga gt meninjau lagi..

jadi kalo orng2 DPR.nya kacau semua.. yah habislahh 'uang belanja' negara kita..

jadi perlu di perhatikan kalau caleg tuh sama penting.nya dngn president.. hoho..

mungkin emang kita2 harus lebih di educate dlm pemilu2 kyk gini, biar semua bs di encourage untuk milih dan dpt arahan untuk cari tau siapa yg harus di pilih.. 

yahh.. kira2 begitulah cerita volunteer pertama gw di singapore..
semoga bisa bantuin lg di pilpres bulan july nanti..
dan tentunya indonesia bisa maju ke arah yg lebih baik lagi. *aminnn*

#sukseskanpemilu2014



selfie bersama pak dubes - Andri Hadi




6 comments:

Arman said...

seru juga ya. kirain kalo di luar negeri, modelnya kayak disini yagn dikirimin surat suaranya. ternyata ada tps nya juga ya....

Jenita Darmento said...

iya mann.. kita ada yg lewat surat juga..
mungkin amrik kegedean kali yahh.. ga bisa di buat TPS per city gt. haha.. singapore kan kecil, jadi bisa di buatin TPS. hehe.

Evita Wijaya said...

seru yah jen.. gua pikir juga gak ada tpsnya loh.. hehehehe..

Eniwei, asik juga yah bisa kopdar-an gitu.. hehehehe.. :D

Jenita Darmento said...

iya pi.. ga nyangka bngt bisa ktmuannya di KBRI. hahaha. of all places gt.. haha

AiPy said...

Wihhh.. Kece nih foto berdua nya :D Seruu yah Jen, bisa jadi volunteer gitu..

Jenita Darmento said...

haha.. udah lepek bngt itu py rambut.nya. haha.. iya.. seru.. kalian juga seru abis kopdar2an.. hehehe.